silahkan tempatkan kode iklan atau banner disini
peluang usaha
Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang

Selasa, 14 Juni 2011

Yang Perlu Ditanyakan Saat Wawancara

Pada saat wawancara pada umumnya personalia perusahaanlah yang mengajukan pertanyaan kepada kandidat. Namun, di akhir wawancara biasanya pelamar diberi kesempatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan. Nah..saat seperti inilah sebaiknya kita gunakan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan penting yang diantaranya sebagai berikut :

* Profil Perusahaan

Pada umumnya pewawancara akan menjelaskan secara singkat profil perusahaannya. Namun, tak jarang pula mereka menjabarkannya. Gunakan kesempatan tersebut untuk mencari tahu mengenai garis besar perusahaan tersebut.
Misalnya : kita tanyakan kapan perusahaan tersebut didirikan, target market-nya siapa atau pesaingnya siapa. Kita tanyakan juga profil pemilik perusahaan tersebut, apakah perusahaan keluarga atau suatu kelompok usaha.

* Peraturan Umum Perusahaan

Pertanyaan tentang jam kerja perusahaan atau ketentuan lembur bisa kita tanyakan dalam kesempatan ini.

* Struktur Organisasi

Kita boleh mengajukan pertanyaan mengenai struktur organisasi di perusahaan tersebut, khususnya menyangkut kepada siapa kita akan bertanggung jawab, hubungan dengan rekan yang berada di departemen yang sama atau di departemen terkait. Bila posisi yang ditawarkan adalah supervisor ke atas, kita juga bisa bertanya tentang jumlah anak buah kita.

* Mengenai Penggajian

Kita harus berhati-hati dalam hal ini, jangan mendahului pewawancara. Ajukan pertanyaan hanya bila pewawancara sudah membuka topik ini. Pada umumnya ada sesi pembicaraan mengenai gaji dan biasanya ini terjadi pada tahap-tahap akhir.
Bila pewawancara sudah membuka pembicaraan dengan topik ini, kita bisa mengajukan pertanyaan. Bukan hanya tentang gaji tetapi juga kompensasi lainnya. Misalnya : kesempatan untuk mengikuti seminar/pelatihan, komisi, tunjangan kesehatan dan lainnya.

* Karakter Pekerjaan Atau Posisi Itu Sendiri

Hal terakhir ini sangatlah penting, biasanya pertanyaan-pertanyaan ini lebih tepat bila kita ajukan langsung ke user atau calon atasan kita. Kita tanyakan tentang deskripsi pekerjaan yang akan ditugaskan kepada kita, target yang akan dibebankan, apakah ada penugasan luar kota dan bagaimana prestasi kita akan di ukur dan lain-lain.


0 komentar:

Posting Komentar

 
peluang usaha
peluang usaha