silahkan tempatkan kode iklan atau banner disini
peluang usaha
Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang

Kamis, 19 Mei 2011

Bahaya Dehidrasi

Beraktivitas di dalam ruangan atau di luar ruangan memiliki satu persamaan yaitu sama-sama membutuhkan asupan cairan yang cukup. Para ahli sejak lama sudah menganjurkan betapa  pentingnya air putih dalam kehidupan sehari-hari dan untuk meminum air putih minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter.

Tujuannya adalah agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik sehingga racun atau zat-zat yang tidak baik di dalam tubuh bisa terbuang melalui keringat maupun air seni.
Jika seseorang kurang minum maka ia berpotensi mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi manusia kekurangan cairan tubuh. Tanda-tanda orang kekurangan cairan tubuh antara lain ; bibir, mulut dan kerongkongannya terasa kering serta haus, pegal-pegal dan air seninya berwarna kuning pekat ketika buang air kecil.

Untuk anda yang bekerja di kantor dengan pendingin ruangan, jangan pernah lupa untuk rutin minum air putih. Setidaknya anda bisa minum minimal 5 gelas atau 1,5 liter air perharinya. Meski ruangan kantor anda sejuk, namun pendingin ruangan sebenarnya mampu mengurangi cairan tubuh secara cepat.
Ruangan yang berpendingin biasanya memiliki kondisi yang kering, sehingga secara otomatis tubuh akan mengeluarkan cairan melalui pori-pori kulit untuk membantu menjaga metabolisme. Belum lagi anda rajin bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Untuk orang yang kegiatannya banyak di luar ruang atau out door, selain minum air putih minuman yang mengandung ion juga cukup penting, Tubuh yang aktif bergerak dan terkena panas matahari akan berpotensi kehilangan ion tubuh. Jika ion tubuh berkurang banyak maka anda akan merasa lemas dan mengantuk. Konsentrasi dan produktifitas pasti akan menurun.

Konsumsilah minuman yang mengandung ion secukupnya, kini banyak merk minuman kemasan yang mengandung ion dijual di pasaran. Tapi ingat, untuk memperhatikan segi kesehatan minuman itu dengan memperhatikan kandungan minuman serta tanggal kadaluarsanya.

Selain rutin minum air putih, menjaga kondisi kecukupan cairan di tubuh bisa dilakukan denagn mengkonsumsi cukup sayuran dan buah. Buah sangat penting untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan anti oksidan alami. Buah selama ini terbukti mampu membantu menyembuhkan penyakit sariawan, melancarkan pencernaan serta mengurangi resiko terkena kanker.

Makanlah buah tak lebih dari 4 jam setelah dikupas agar kandungan vitamin dan mineralnya tetap bagus. Jika malas mengunyah buah buatlah jus buah kesukaan anda, sebaiknya jus tersebut jangan di campur dengan gula pasir. Lalu perhatikan komposisi air dengan buah saat di jus, setidaknya 30% air dan 70% buah.

Jika ingin lebih praktis, meminum sari buah kemasan juga baik. Selain rasanya bisa disesuaikan dengan selera, kandungan gizinya pun cukup terjaga. Dan sari buah kemasan cocok untuk anda yang berada banyak di kantor maupun aktif di luar ruang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
peluang usaha
peluang usaha