silahkan tempatkan kode iklan atau banner disini
peluang usaha
Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang

Rabu, 18 Mei 2011

Pentingnya Air Putih

Fungsi air dalam tubuh diantaranya ; menjaga kesegaran tubuh, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun perlu diketahui ternyata air putih banyak manfaatnya selain nikmatnya kesegarannya.
Banyak orang yang menghiraukan khasiat air putih selain menghilangkan dahaga, Air dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit dengan cara yang mudah dan murah.
Berikut 10 manfaat air putih yang mungkin dapat kita pakai sebagai acuan saat kita akan mengkonsumsi minuman selain air putih :



  1. Memperlancar Sistem Pencernaan
       Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori dalam tubuh juga akan menjadi efisien.
         Air putih dapat memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membantu tubuh lebih berenergi.

     2. Perawatan Kecantikan
         
       Bila kita kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit akan kering dan berkerut. Selain itu air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan ditambah lagi minum air putih 8 - 10 gelas sehari.

     3. Menyehatkan Jantung

         Air putih juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, reumatik, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, usus dan penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
     4. Menguruskan Badan

        Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine, Bagi yang akan menguruskan badanpun minum air putih hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air putih tidak mengandung kalori, gula ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih yang bersuhu sedang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

     5. Sebagai Obat Stroke

      Air putih panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh seperti karena Stroke. Sebab air putih tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan.

Efek panas dari air putih dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan oksigenisasi jaringan tubuh sehingga mencegah terjadinya kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri dan menenangkan pikiran. kandungan ion-ion dalam air putih panas terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu PH airnya dapat membantu mensterikan kulit.

     6. Untuk Kesuburan

          Air putih juda dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Menurut hasil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London (Inggris), jika orang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya akan lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh terhadap serangan virus.

         Bahkan mandi dengan air dingin di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu, kesuburan dah kegairahan seksual pun akan meningkat, selain iyu jaringan kulit akan membaik, kuku lebih sehat dan kuat tak mudah retak.
Nah...buat yang malas mandi pagi atau malas mandi harus dirubah tuh kebiasaannya.....hehehehe

     7. Efek Relaksasi

         Cobalah berdiri dibawah shower dan rasakan efeknya di tubuh, pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan disekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan dengan tubuh kita itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion-ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.
        Apabila mengalami ketegangan otot  dapat dilegakan dengan mandi air hangat yang bersuhu sekitar 37 derajat celcius. Nah...jika memiliki shower di rumah cobalah mandi dan nikmatilah, konon shower juga menghasilkan ion negatif.

     8. Tubuh Lebih Bugar

       Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tetapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air, sebab air merupakan bagian terbesar  dalam komposisi tubuh manusia.

      9. Penyeimbang Tubuh

          Jumlah air yang menurun dalam tubuh akan menyebabkan fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan mudah terganggu oleh bakteri/virus. Namun..tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh, air yang diperlukan tubuh kira-kira 2 - 2,5 liter (8-10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup atau soto), minuman separti susu, teh, kopi dan sirup. Selain itu asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan dari metabolisme jaringan di dalam tubuh.

         Air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat, jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 - 400 gr/hari, kandungan airnya sekitar 60 - 90 % dari bobot tinja atau sekitar 50 - 60 ml air.
         Sedangkan air yang terbuang melalui keringat dan saluran nafas sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan, seseorang yang mengalami demam kandungan air dalam nafasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui nafas berkurang akibat rendahnya kelembaban udara di sekitar.
         Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun, Kardiolog dari AS, Dr. James M Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit 1 liter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Karena, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%. Bisa di mengerti bila kehilangan 7% kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

           Asal tahu saja, aktifitas semakin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus, biasakan banyak minum walaupun tidak terasa haus. Jika berada di ruangan ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin menyebabkan tubuh cepat dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruangan yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus, hal ini berguna untuk menyeimbangkan suhu.     

Rileks.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
peluang usaha
peluang usaha